Kirim Pertanyaan Punya pertanyaan ? Kirimkan pertanyaan kamu dan temukan solusi dari teman yang lain.
  1 Jawaban - Pertanyaan Favorit
  1. #1
    yadi
    disebut apakah kotak yang ada pada gitar dan apakah fungsinya?

  2. + Jawab Pertanyaan
  3. #2
    Sebuah gitar dapat dibagi dalam 3 bagian utama :

    1.Badan gitar (hollow body), meliputi kotak suara (soundbox), dan papan suara (soundboard), dan bridge
    2. Leher gitar (neck), tempat fret-fret (pembatas ruas-ruas pada leher gitar).
    3. Head, tempat men-tuning frekuensi senar.

    Soundboard merupakan bagian terpenting dari sebuah gitar akustik. Soundboard tidak lain adalah papan bagian depan badan gitar dan berfungsi untuk memperkuat output suara dari sebuah gitar agar cukup keras untuk dapat didengar.

    Pada bagian depan dari soundboard ada sebuah lubang besar yang disebut lubang suara (sound hole, resonant cavity).

    Ada sebuah pelat tebal yang menempel pada soundboard yang disebut bridge yang berfungsi sebagai jangkar (pengait) untuk salah satu ujung dari keenam senar gitar. Pada bridge terdapat saddle untuk menyandarkan senar.

    Pada kebanyakan gitar akustik, badan gitar berbentuk seperti pinggang (waist). Bentuk ini mempermudah kita untuk menempatkan gitar pada lutut/paha saat bermain. “pinggang” ini membagi badan gitar menjadi upper bout dan lower bout.

    Permukaan leher gitar, tempat fret-fret berada, disebut fingerboard. Fret adalah potongan logam yang membagi fingerboard menjadi beberapa interval tertentu. Dengan menekan sebuah senar pada interval tertentu, kita mengubah panjang senar dan akan mengubah nada jika senar itu bergetar.

    Di antara neck dan head terdapat nut, yang beralur untuk menahan ujung lainnya dari senar-senar. Sehingga saddle dan nut berfungsi sebagai dua ujung senar. Jarak antara saddle dan nut disebut panjang skala (scale length) gitar.

Kirim pertanyaan kamu ke Pertanyaan.com atau berbagi pengetahuan kamu dengan menjawab pertanyaan dari teman-teman yang lain.
Gabung dan Daftar disini.