Profil Usaha - Buat Profil usaha, Web Company profile, Website Badan Usaha, Website Instansi.

Umum - Pertanyaan Oleh mathGirl - February 25, 2009 15:39 - 48 Jawaban

Teka teki Matematika ?

Seorang pemilik kambing ingin menjual kambingnya seharga Rp 75.000,00 melalui calo, kemudian si calo menawarkan kepada 3 orang pemuda, dan mereka tertarik untuk membeli kambingnya. Supaya adil, berarti masing-masing pemuda membayar Rp 25.000,00 kan? Setelah deal jadilah kambing itu dibeli, dan si calo mendapat komisi Rp 5.000,00. Oleh sicalo, komisi itu dibagikan ke 3 pemuda yang membeli kambing tadi masing-masing Rp 1.000,00. Sehingga ia hanya mendapat Rp 2.000,00. Betul??

Logikanya, pemuda tadi cuma membayar Rp 24.000,00 kan? (karena yang Rp 1.000 nya dibalikin lagi). Sedangkan Rp 24.000,00 x 3 = Rp 72.000,00. Jika ditambah uang yang di si calo, Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 74.000. Bener juga kan?

Pertanyaannya, kemanakah uang yang Rp 1000???


48 Jawaban

Kamu dapat mengikuti jawaban dari pertanyaan ini melalui RSS Feed.

henwij
Feb 25, 2009 19:03

Pertanyaan n logika kmana uang yg Rp.1000 independen :-)
Klo dipaksain juga logikanya…. harga kambing tersebut ya Rp. 74.000

mathGirl
Feb 27, 2009 14:52

Udah jelas kan, dr awal terkumpul duitnya Rp 75.000? Ya nggak bisa dipaksain donk jd Rp 74.000

nasha
Mar 2, 2009 10:53

Wah bro… kalo diceritain pake kata2 emang jadi membingungkan ya.. hilang ke manakah Rp.1000..?
Padahal persamaan matematikanya kan:
“uang yang dibayarkan = harga kambing termasuk komisi”.
Jadi: 25.000 x 3 = 75.000
Trus karena komisinya 5.000, berarti harga net kambingnya 70.000
Jadi: 25.000 x 3 = 70.000 + 5.000
Nah karena yang 5.000 dibagi2 lagi ke 3 orang itu @ 1.000, jdnya:
24.000 x 3 = 70.000 + 2.000
Atau: 72.000 = 72.000, so masih sesuai dengan persamaan matematika awal yaitu
“uang yang dibayarkan = harga kambing termasuk komisi”.

Mar 5, 2009 16:00

uangnya sich gak hilang, cuma kita dibuat ribet oleh permainan kata-kata aja. kan udah jelas 3×25000=75000.
harga sebenarnya 75000-5000=70000
diambil calo = 2000
dikembalikan 3000
nah klo dijumlah kan tetep aja 75000=70000+3000+2000 ya kan????

Arie Blue
Mar 6, 2009 14:15

Sbnrnya penyelesaian nya gmpang2 susah!! Tergantung pnlaran masing – masing..
Emg klau pake logika pertanyyan nya memang membingungkan..
Apa lg pas kata2 “setiap orang harus bayar 24.000…. yah g mungkin,kan uangya dah di balikin lagi… ji tetep ja 25.000… Cuma saja klau di gabungin si calo harus dpt komisi 2.000….
So… It’s Easy

Mar 11, 2009 11:52

Kalo pertanyaannya adalah dimana uang yang 1000 ??
Jawabannya adalah ada kepada 3 orang pemuda tersebut..knp ??
coz uang yg 5000 td sudah di bagi sama rata masing 1000.
Matematisnya seharusnya [hasil perkalian setelah dikurangi komisi 1000 yaitu 24000 harusnya dikurangi dengan komisi si calo sebesar 2000]
Ket :
Harga deal kambing 75000
Harga fixed [setelah dikurang calo] 70000
5000 uang u/ calo dibagi k-3 pembeli @ 1000
Maka; 25000-1000=24000*3=72000
upah calo yg fixed ialah = 2000
total [harus dikurangi] =70000 [OK]
Jadi tidak ada uang yg hilang!!hanya salah perhitungan saja…harusnya dikurangi trus malah ditambah…
hehehehe

heri
Apr 16, 2009 7:33

ngapain puyeng dgn uang parang (Rp.1000) sich?
kata bang gusdur : “gitu aja kok repot”…

Apr 16, 2009 16:46

yaaa uang yang Rp.1000,00 untuk kambingnya

ronal
Apr 28, 2009 16:29

Uang yang Rp.1000 sama salah satu dari 3 pemuda tersebut, dimana salah satu dari mereka merangkap calo juga.

denis
May 6, 2009 9:48

udahlah yang adil ikhlasin ja tuh duit,, cuma 1000 ne. dari pada pusing mikirin duit orang

jaka
May 11, 2009 11:12

sebenarnya. Uang 1000 tadi, Ada sama aku !!!!!!!!!!!!!!

Fachri
May 12, 2009 11:17

soal yang memerlukan kejelian terhadap kata-kata yang digunakan. Tergantung sudut pandang kita menggunakan sudut pandang si Penjual atau pembeli.
1. sudut pandang penjual
kalau dilihat alur uangnya diketahui harga kambing sebesar Rp 75.000, kemudian masing masing orang menyerahkan Rp 25.000. dimana 25.000 x 3 = 75.000.
dari harga 75.000 tersebut Rp 5000 dikembalikan kepada calo, sehingga total uang tetap Rp 75.000. tidak ada yang hilang
2. sudut pandang pembeli.
dari sini terjadi perubahan nilai harga pokok yang semula Rp 75.000 (sesuai soal) menjadi Rp 72.000 ( 75.000 – 3.000) karena uang sebesar Rp 3000 yang dikembalikan mengurangi harga pokok.kambing tersebut. Jadi pembeli yang semula mengeluarkan Rp 25.000 untuk harga Rp 75.000, berubah masing2 mengeluarkan Rp 24.000 (Rp 25.000 – 1000) untuk harga Rp 72.000. Jadi memang tidak ada uang yang tersisa. *ket–untuk sudut pandang terakhir ini sudah seharusnya nilai Rp 75.000 diabaikan dan tidak digunakan, karena tidak ada relevansinya lagi.

Jadi kesimpulannya soal tersebut menggunakan titik tolak yang berbeda dan tidak mungkin untuk dihubungkan antara keduanya. dengan kata lain idak mungkin sudut pandang harga pokok untuk penjual digunakan oleh pembeli dan sebaliknya
Thanks

YP
May 15, 2009 15:21

Uang 1000 nya g kemana-mana,ni buktinya:
inti pembayaran ketiga orang>>3×24.000=72.000
komisi bwt calo 2.000
uang yg dikembalikan 3.000
harga awal 75.000

logika: uang komisi calo bagian dr pembayaran 72.000
jadi 72.000+3.000=75.000
ga ada yg hilang kan

FEYa
May 20, 2009 16:54

Gampangnya, si Pembeli dapat discount 72%..Atau dapat dibilang
Persamaan mat:
harga kambing-total komisi=72000

her
May 29, 2009 14:16

Kalimat terakhir : Jika ditambah uang yang di si calo, Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 74.000. Salah?, Rp 72000 itu kambing + calo, harusnya Rp 72000+Rp 3000 uang yang dibalikin ke orang2 itu… Mereka sebenarnya hanya keluar uang Rp 72000. Nice trick.. =p

Reta D
Jun 1, 2009 7:48

Kesalahan terletak pada hitungan akhir ,
Harusnya yg d buktikan tuh 24 rb x 3 – 2 rb = 75 rb – 5 rb

knp ? Ayo d pikirkan . . Wkwkwkwk

2nd home
Jun 7, 2009 14:44

jd sbenernya harga kambing cuma 70.000…(namanya juga calo nawarin, jd bs dpt lbh murah)
cuma patungannya @25.000..krn ada 3 org jdnya 75.000..
brarti kan lbih 5.000 donk..
nah 5.000 itu dikurangin komisi calo 2.000 dan sisanya 3.000 dibagi rata @ 1.000..
jadiiii ga ada 1000 yg ilang…

Jun 12, 2009 5:43

Sebenarnya uang yang Rp. 75000 tidak hilang. Jumlah uang yang beredar di teka-teki tersebut tetap saja Rp . 75000, apa buktinya? Mari kita hitung.

Uang yang diterima pemilik kambing mula-mula Rp. 75000 kemudian diserahkan ke calo Rp. 5000 sehingga uang yang kini dipegang pemilik kambing Rp. 70000.

Oleh calo, uang sebesar Rp. 5000 cuma diserahkan sebesar Rp. 3000 ke ketiga orang pembeli tadi. Sehingga si calo sekarang memegang Rp. 2000.

Karena ketiga orang pembeli tersebut menerima kembali uang mereka sebesar Rp. 3000 dan masing-masing orang kebagian Rp. 1000 , maka ini artinya mereka masing-masing mengeluarkan uang Rp.24000 . Karena ada tiga orang, ini artinya mereka bersama mengeluarkan Rp. 24000 * 3 = Rp. 72000. Nah, jumlah uang ini sama dengan uang yang dipegang pemilik kambing (Rp. 70000) ditambah uang yang sekarang dipegang calo (Rp. 2000), yaitu Rp. 70000 + Rp. 2000 = Rp. 72000 .

Nah, bila uang Rp. 72000 itu kita tambah dengan uang yang diserahkan ke ketiga orang tadi, yaitu Rp. 3000 maka jumlah uang yang beredar pada teka-teki tersebut adalah tetap, yaitu Rp. 75000.

Jun 19, 2009 5:24

gak ada yang ilang tuh…
yang seribu di pegang pemilik kambing..
:D

zulmee..as..CUPID
Jun 22, 2009 2:23

kalo dalam Dunia AKUNTANSI,,,,

KALO TIDAK ADA YANG RUGI. YA,,,, UDAH NGApaiN DI CARI…..

WKWKWKKWWKWKWKWKW

pertanyaanya yg lebih sulit ada enggak?

`The uN`
Jun 25, 2009 23:27

teka-teki ini sgt mirip dgn teka-teki permainan logika biaya hotel 300.000 yg dibayar 3 pemuda (@ 100.000)
dikembalikan 50.000, office boy ambil 20.000 sisa 30.000 dikembalikan kepada ketiga org itu shg total uang yg keluar per orang 100.000-10.000=90.000. Jika (90.000 x 3) + 20.000 = 290.000, kemana 10.000 ribu lagi.
Teka-teki ini membuat bingung pada permainan logika di kalimat “Jika ditambah uang yang di si calo, Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 74.000. Bener juga kan?”
Logika yang menjebak.
Sebenarnya uang 72.000 itu sudah include uang si calo di dalamnya. Jadi kalo dijumlahkan lagi maka akan jadi double.
Kesimpulan : Pertanyaannya memberikan gambaran logika yg salah, kemudian meminta jawaban dari logika yg salah.

Alfan
Jun 29, 2009 11:45

yg terakhir 2000 g seharusnya di tambahkan jadi 74rb
mestiny di kurangi jadi 70rb baru pas.. ^.^

ddy
Jul 5, 2009 5:02

uang nya sama saya nih,,,lupa ngembaliin nya,,,,wah,,,,mav ya ..jd ga enak,,,,semuanya jd pada ngeributin uang 1.000 rp itu….??

Lailis
Jul 13, 2009 8:48

jika komisi dari penjualan kambing adalah Rp. 5.000, maka harga belinya adalah sebesar Rp. 70.000. Dijual kepada 3 orang pemuda yang masing – masing membayar Rp. 25.000. oleh si calo komisi sebesar Rp. 5.000 itu dibagikan kepada pemuda masing-masing Rp.1.000 sehingga jumlahnya Rp. 1.000 x 3 = Rp. 3.000. sehingga komisi yang diperoleh calo kini hanya Rp. 2000.

karena ketiga pemuda tersebut menerima kembali uang mereka sebesar Rp. 3.000 yang masing – masing mendapat Rp. 1.000 , jadi logikanya mereka hanya membayar sebesar Rp. 24.000. karena ada 3 pemuda jadi Rp. 24.000 x 3 = 72.000. Nah, jumlah ini sama dengan jumlah uang yang dipegang oleh si calo ( uang beli + uang komisi = Rp. 70.000 + Rp.2.000 = Rp. 72.000 ) ditambah dengan uang komisi yang diterima oleh 3 pemuda tersebut yang sebesar Rp. 3000, maka Rp. 72.000 + Rp. 3.000 = Rp.75.000

bego-bgt
Jul 14, 2009 2:46

bego bgt kalian. 72000 kurang 2000,, bukan di tambah.. 72000 – 2000 = 70,000
70,000 + 5,000 = 75,000

hahaha

R.Nad
Jul 22, 2009 19:08

Gak kemana-kemana, kok ! Kan ceritanya si yg pny kambing ngejual ke calo Rp.75.000. Trus, ama si calo di jual ke 3 pemuda. Jadi satu pemuda, bayar Rp.25.000 supaya adil. Nah, si calo dapet komisi dr yg pny kambing Rp 5.000 (dikit amat, he…he…). Jadi, sekarang si yg pny kambing pny uang Rp.70.000, secara Rp.5000 nya kan udh di kasih ke si calo. Trus, si calo bagi2 uang komisinya ke 3 pemuda tadi. Jadi, si calo kebagian Rp.2.000. Nah, 3 pemuda tadi yg asalnya bayar Rp.25.000 kan, berhubung di balikin Rp.1000, jd sama aja bayar Rp.24.000. Berarti, 3 pemuda itu udh byr… 24.000 x 3 = Rp.72.000. Trus, di tambah uang si calo. Rp2.000 jadi ada Rp74.000. Nah, seribu lagi kmn kan ??

Sebenarnya hasil dari 3 pemuda itu sama dengan uang yang di pegang si pny kambing di tambah uang si calo. Trus, tinggal di tambah uang 3 pemuda tadi yg dikasih ama si calo, yaitu Rp.3.000. Jadi, Rp.72.000 + Rp.3000 = Rp75.000. Gitu bukan caranya ??

indria
Jul 27, 2009 1:15

ya ama yang jual kambing dong….harusnyakan dia cuma dapat 69 ribu… bukann70 ribu…

ahmad kamal khuluki
Aug 1, 2009 3:21

jawabannya: soal pertama 25000 x 3 = 75000 (ganjil)
soal kedua 24000 x 3 = 72000 (genap)
dari teka-teki tadi ada dua soal yang dikaitkan. sehingga menipu si pembaca. betul gx

Aug 2, 2009 4:34

Pusing bgt gw boz,,,smpah bkin gw ktawa trus

filly
Aug 5, 2009 8:38

kyknya ga usah ribet deh…
kan dri awal udah 75.000 jadi ga usah di pikirin kemna yang 1000 itu alna emang ga kemna2… itu kan cma permainan bahasa aj…

gilankz qrent
Aug 7, 2009 20:44

. Begini saja menghitungnya :
jumlah uang yg diberikan kpd penjual 75.000
lalu penjual itu memberikan 5.000 pd calo
calo itu memberikan 3.000 pd ke-3 pemuda
dan 2.000 masih dia pegang
jadi masing masing pemuda bayar 24.000 x 3 = 72.000
jumlah uang itu sama dengan uang yg diberikan penjual dan si calo (70.000 +2.000)
lalu 72.000 + 3.000(uang yang diberikan calo pd ke-3 pemuda) = 75.000 (sama seperti awal kan)

WIRE
Aug 11, 2009 19:03

ini permainan muter-muter.
uang awal :
75000 = 25000 x 3
setelah dapet komisi jadinya :
70000 + 5000 = (24000+1000) x 3
jadi klo tiap pemuda dianggap bayar lebih murah;
24000 x 3 = 70000 + 2000

Ga ada uang yang hilang sebenernya..

verie wawin
Aug 11, 2009 23:45

Logika matematika dan aturan matematika
Perpangkatan>Perkalian>Pertambahan = Jadi Pangkat harus dikerjakan dahulu dari perkalian / Perkalian harus lebih dulu dikerjakan dari pada pertambahan. Setuju???
Nah kalau kita salah metode maka hasil nya akan lain.. contoh:
5*2+3 = hasilnya 13 Metode yang benar ( tanpa tanda kurung)
5*2+3 = hasilnya 25 metode yang salah. ( tanpa tanda kurung)
5*(2+3) = hasilnya 25 (dengan tanda kurung)
yang ada didalam kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.

jadi soal calo yg menjual kambing, diselesaikan dengan cara seperti ini saja.
A = Yang punya kambing
B = Calo
1,2,3 = yang membeli kambing

(A+B) = (1+2+3) ……….. (0+75.000) = (25000+25000+25000)
Kenapa A = 0?? karena A belum mendapat dari hasil penjualan si calo. next..
(A+B) = (1+2+3)…………..(70.000+5000) = (25.000*3)
Kenapa A jadi 70.000 karena Uang yg diberikan Calo Rp.75000 dibagikan Rp.5000 ke calo sebagai upah. next…
(70.000+2000) = (25.000 -1000)*3
maka (70.000+2000) = 72.000
jangan dibikin 70.000 jadi 75.000 trusss 2000 nya pindah ruas jadi ngaco kaya gini.
75.000 = 72.000 + 2000
75.000 = 74.000

hengky
Aug 28, 2009 23:38

semua jawaban dan pertanyaannya salah tu……..soalnya kambing gak ada yang semurah itu d

Bahar
Sep 1, 2009 4:41

Lo salah menghitung kenapa Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 75.000
yang benerkan
Rp 72.000 – Rp 2.000 = Rp 70.000

Sep 12, 2009 7:24

Udah, tenang2, skrg uang 1000-nya udah ketemu lagi, urusan clear, haha..

Cedric
Sep 13, 2009 9:29

75.000-3.000+2.000=74.000 ??

buhari
Sep 21, 2009 7:46

uang yg seribu di ambil sama yg buat pertanyaan ini…..!!

buhari
Sep 21, 2009 7:50

jangan di kurangi di 25000/orang donk tapi kurangi di jumlah totalnya pasti dah ketahuan kemana uang 1000nya….???

sherly
Sep 22, 2009 13:01

sebenarnya begini: 3×24.000 = 72.000 yang dibayarkan 3orang pemuda itu adalah hasil uang yang didapat si penjual 70.000 dan si calo 2.000, jadi 72.000=70.000+2.000,berarti uang yang seribu itu tidak hilang cuma penghitungannya salah seharusnya 72.000+3000 komisi yang didapat 3 pembeli , jadi jawabannya tepat kan 75.000

hendraji
Sep 30, 2009 15:01

Yang 1000 -nya untuk amal saja…

Oct 1, 2009 11:41

kn dikembaliin ;lagi

kyusa
Oct 3, 2009 15:33

klo pake 24 ribu per orang, beraati calo nombok donk…..
uang nya kan cuma rp72.000
eh nanya balik donk klo gitu…. uang 3000 nya ambil dari siapa, klo ambil dari si calo ya nombok donk….
ini bukan matematika biasa, klo dah nyangkut uang rumus nya cuma satu jalan….

Untung_Yat
Oct 11, 2009 2:32

kalo menrut saya sihh, salah nanya situnya…… kalo Rp. 24.000,-x3= Rp.72.000,-…,, mka yang Rp.2000 lagi harus dikurangi lagi donk menjadi Rp.70000, nah inilah uang yg dibyar stelah dapat potongan RP.5000 tdi…………

Jeni
Oct 11, 2009 5:27

Soalx memusingkn, muter2, tp aq da ngerti koq mksdx!
Stlh d’teliti trxta soalx mudah bgt!
Yg gt dech.. Math kn mmg asyik..
I love math so much!

Oct 13, 2009 4:00

Pertanyaan di atas sebenarnya sangat mudah dijawab. Kita akan menelusuri di mana uang 1.000 menggunakan rumus mikro matematika quantum yang ditemukan oleh matematikawan asal Perancis Jean Jacques Rausseau de la Renaissance sebagai berikut:

Terlebih dahulu kita harus menjabarkan variabelnya:
[1] Harga kambing = 75.000
[2] Jumlah pemuda = 3
[3] Uang masing-masing pemuda = 25.000
[4] Jumlah calo = 1
[5] Komisi calo = 2.000
[6] Kembalian = 3.000

Sekarang kita masukkan variabel-variabel di atas ke dalam rumus kalkulus phytagoras mikro quantum sebagai berikut:

75.000 – (√ 3.000 x 3) / 1 + 25.000 ≤ 2.000 = ∫ (x – y) ^ (a / b) / ⅛
(y + x) ^ 9 / (b – a) x c³ = √ 3,14 – 22/7 x c – 1
25.000 ^ 100% – (c x a) / b ÷ l √ 89 + 0
92479 – 0 ^ c x (-1 √ 0) = 0.1%
∫ 75.000 x 100% – 0 + 0 = √ (x + y) – c³
10% = 0.1 x 1 ^ 1

Dari penjabaran di atas, diketahui harga kambing sebenarnya bukan 75.000, melainkan √ x – 0.1% ^ 75.000 / 0.

Uang yang dikumpulkan oleh para pemuda diketahui sejumlah y – x ^ 1 – 0% x (p √ x) / 0%.

Dengan demikian, uang 1.000 yang hilang tersebut merupakan pertambahan pajak dari nilai x yang dikeluarkan dari √ y kemudian dikurangi 0.1% ^ 1 ditambah dengan variabel tak terduga dan tak terdefinisi dari angka prima dan bilang bulat yang dikalikan dengan akar pecahan kpk dan fb dari nilai harga kambing dibagi invers nilai jual aksen yang dikalikan dengan nol.

Kesimpulannya, akar harga kambing pangkat minus 1 harus memiliki faktor yang tak terdefinisi yang dikalikan dengan nilai pembagi dari komisi calo plus log 10 ^ ~9 yang telah terlebih dahulu ditemukan dengan rumus phytagoras dari bilangan berbasis minus 7/8.

candra
Oct 22, 2009 19:06

uang yg seribu kmn?mau tau gk……yg bner uang seribu td dpke si calo bwat bli es….heheheh

Oct 24, 2009 0:12

Ama calo

Jawab Pertanyaan ini

Gabung dengan Pertanyaan.com

Twitter Facebook mobile email