Kesehatan - Pertanyaan Oleh Rizhu - August 25, 2009 8:50 - 2 Jawaban

Proses dan biaya Bayi Tabung ?

Pertanyaan :

Berapa rata-rata biaya proses pembuatan bayi tabung?

Jawaban Pertanyaan.com

Rata-rata dari rumor yang beredar, bayi tabung membutuhkan biaya antara 30-50 juta di Indonesia  ( Mohon maaf karena saya kurang begitu tahu kepastiannya)

Dalam pembuatan bayi tabung, sel telur dan sperma di pertemukan dalam sebuah cawan. Sel telur diletakkan dicawan kemudian disemprot sperma lalu cawan dimasukkan dalam inkubator yang mempunyai suhu dan kelembaban seperti di dalam rahim.

Baru kemudian pembuahan berupa embrio akan terjadi setelah disimpan 2-3 hari. Embrio itu selanjutnya dipindahkan ke rahim ibu melalui vagina sebanyak 3-4 embrio.

Kalau embrio yang jadi ada 8 maka 4 embrio akan dimasukkan ke dalam rahim dan sisanya dimasukkan dalam cryopreservation (ruang simpan beku) yang bisa disimpan hingga 1 tahun ke depan. Embrio ini disimpan agar kalau gagal bisa digunakan lagi tanpa perlu lagi mengambil sel telur sehingga biayanya bisa ditekan.

Dalam proses penanaman embrio inilah kerap terjadi kegagalan karena penanaman embrio di rahim tergantung kemampuan rahim menangkap embrio. Komunikasi embrio dengan rahim kadang tidak berjalan karena ada infeksi atau mioma uteri, polip dan kista.

Nah kalau sudah begitu biasanya pasien dianjurkan untuk mengulang. Proses mengulang inilah yang juga salah satu yang membuat biaya membengkak. Belum lagi si ibu harus minum obat-obatan hormon. Jika biaya rata-rata di Indonesia sebesar Rp 35-50 juta, bisa jadi karena proses mengulang itulah yang membuat biaya juga bertambah.

(dari berbagai referensi)


2 Jawaban

Kamu dapat mengikuti jawaban dari pertanyaan ini melalui RSS Feed.

Jan 1, 2011 11:53

saya mau tnya ttg laparoskopi.apa stlah lo dpt hamil alami.thx

fauziah
May 14, 2011 17:20

dimana saya bisa melakukan proses bayi tabung?

Jawab Pertanyaan ini

Gabung dengan Pertanyaan.com

Twitter Facebook mobile email