Profil Usaha - Buat Profil usaha, Web Company profile, Website Badan Usaha, Website Instansi.

Kesehatan - Pertanyaan Oleh Umi - December 17, 2009 12:16 - 1 Jawaban

Ciri ciri malaria ?

Pertanyaan :

Apakah ciri ciri penyakit malaria, apa bedanya dengan demam biasa ?

Jawaban Pertanyaan.com

Malaria disebabkan oleh protozoa golongan Plasmodium yang ditularkan lewat nyamuk Anopheles. Malaria merupakan penyakit yang bersifat endemik, artinya seseorang dapat terjangkit malaria apabila ada riwayat bepergian atau tinggal di daerah endemik malaria.

Gejala utama malaria berupa :

- Demam yang bersifat periodik (tidak terus-menerus). Pada malaria tertiana, demam terjadi tiap hari ke-3. Sedangkan pada malaria kuartana, demam terjadi tiap 4 hari. Demam khas malaria terdiri atas 3 stadium yaitu menggigil (15 menit-1 jam), puncak demam (2-6 jam), dan berkeringat (2-4 jam).
- Anemia, disebabkan oleh penghancuran sel darah merah yang berlebihan.
- Splenomegali (pembesaran limpa), merupakan gejala khas malaria kronik.
- Ikterus (penumpukan zat warna bilirubin yang ditandai dengan kulit dan mata menguning).

Demam malaria adalah demam yang terjadi berulang secara periodik ada yang 3 hari sekali, ada yg 4 hari sekali dan diakhiri dengan periode menggigil, dan menghilang dengan sendirinya. Sekali terinfeksi malaria seumur hidup akan mengalami serangan demam menggigil itu jika kekebalan tubuh menurun. sedang demam biasa adalah demam yang hanya bersifat situasinoal dan bisa sembuh total dan biasanya karena penyakit infeksi akut non Plasmodium.


1 Jawaban

Kamu dapat mengikuti jawaban dari pertanyaan ini melalui RSS Feed.

Rahmat
Jan 19, 2011 10:02

Saya pernah mendapat keterangan dari dokter bahwa jika kita sakit kepala disertai panas pada wajah itu jg merupakan gejala terjangkit malaria, untuk kepastiannya adalah dgn cek darah.

Jawab Pertanyaan ini