Ilmu - Pertanyaan Oleh Fera - November 9, 2009 13:02 - 2 Jawaban

Apakah shalat tahajud harus dilakukan setelah tidur ?

Pertanyaan :

Apakah melakukan sholat tahajud harus dilakukan setelah tidur? tolong berikan dalilnya (alquran atau hadist)

Jawaban Pertanyaan.com

”Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” (QS. Al Israa ” 79)

”Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.” (QS Al Muzammil : 1 -3)

Dari Aisyah, katanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kamu mengantuk ketika shalat, maka tidurlah terlebih dahulu sampai hilang rasa kantukmu. Karena bila kamu mengantuk dalam shalat, mungkin suatu ketika kamu bermaksud memohon ampunan kepada ALLAH, tetapi ternyata kamu justru memaki-maki diri kamu sendiri (karena salah baca doa).” [Muslim - Kitab Shalat Musafir dan Qashar]

Pada beberapa referensi, tidur lebih dulu adalah agar waktu kita melaksanakan shalat tahajud dimana yang utama adalah waktu 1/3 akhir itu kita tidak mengantuk dan kepayahan. Tidur lebih dahulu adalah sebuah keutamaan utuk sholat tahajud. Atau secara mudahnya jika dikerjakan sesudah tidur dan pada larut malam dan bersungguh-sungguh maka dinamakan shalat Tahajud, jika dikerjakan sebelum tidur  namanya shalat Lail (shalat malam), yang jadi perbedaan adalah keutamaannya, bukan keharusannya tidur lebih dulu atau tidak.


2 Jawaban

Kamu dapat mengikuti jawaban dari pertanyaan ini melalui RSS Feed.

Dec 25, 2009 4:32

shalat tahajjud harus bisa kita laksanakan setelah kita tidur.

lia
Jan 12, 2010 20:16

tidak jga,tapi lebih afdolnya di kerjakan sehabis tidur,,,
spaya tidah ngantuk saja….

Jawab Pertanyaan ini

Punya pertanyaan ? Tanya di Pertanyaan.com

Gabung dengan Pertanyaan.com

Twitter Facebook mobile email